.

.

Tuesday 28 January 2014

BROKOLI

Khasiat Brokoli - Brokoli adalah sayuran berdaun hijau tua yang termasuk dalam keluarga brassica, keluarga tanaman yang mencakup kangkung, kubis, kembang kol, dan kecambah brussels. Brokoli berasal dari italia, kata brokoli dalam bahasa italia “Brocolo”, yang berarti “cabang”. Brokoli pertama kali dibudidayakan pada abad ke 17 sampai 18. Brokoli adalah salah satu sayuran yang diminati banyak orang, disajikan dalam berbagai hidangan makanan. Tapi apakah selama kita mengkonsumsi brokoli kita mengenal khasiat brokoli itu sendiri? Brokoli memiliki banyak khasiat, apalagi dilihat dari kandungannya. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh lagi mungkin anda juga bisa membaca tulisan kami yang lainnya, yaitu Khasiat Buah Nanas.
 
rokoli memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, seperti besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. selain itu brokoli juga mengandung fitokimia penting dan juga antioksidan. 
Khasiat Brokoli
Lalu apa saja sebenarnya khasiat brokoli? Berikut adalah khasiat brokoli yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita:
  1. Khasiat brokoli dapat membantu sistem pencernaan, ini karena brokoli mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan juga membantu mencegah sembelit.
  2. Khasiat brokoli dapat meningkatkan kesehatan kulit, ini karena brokoli merupakan gudang vitamin C, beta-karoten, vitamin B kompleks. Ini semua sangat dibutuhkan untuk membuat kulit lebih bercahaya, bahkan vitamin E yang terdapat dalam brokoli sangat membantu perkembangan regenarasi jaringan kulit yang telah mati.
  3. Khasiat brokoli sebagai anti-kanker. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengkonsumsi brokoli karena mengandung fitokimia sebagai anti-kanker. Beberapa studi juga menunjukan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus dan juga kanker paru-paru.
  4. Khasiat brokoli dapat mengurangi resiko penyakit jantung, ini karena brokoli mengandung lutein karotenoid yang dapat mencegah penebalan arteri jantung, sehingga menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung dan stroke.
  5. Khasiat brokoli dapat mencegah racun yang masuk, ini karena brokoli mengandung vitamin C dan asam amino sulfur sehingga menjadikan brokoli sebagai penawar racun yang sangat baik. Brokoli juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti halnya asam urat.
  6. Khasiat brokoli dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, ini karena brokoli kaya akan serat penurunan kolesterol, serat kromium dan potasium yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga mengontrol tekanan darah.
  7. Khasiat brokoli dapat mencegah anemia, penyakit anemia biasanya berhubungan dengan tubuh yang kekurangan zat besi, brokli mengandung besi dan asam folat sehingga dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.
  8. Khasiat brokoli dapat membantu mengontrol diabetes, ini karena brokoli kaya akan kandungan kromium, dan hal ini dikenal dapat membantu mengatur insulin serta mengontrol diabetes.
  9. Khasiat brokoli dapat membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Berdasarkan sebuah penelitian, menunjukan bahwa diet tinggi folat dapat membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Dan brokoli lah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan ini.
  10. Khasiat brokoli dapat meningkatkan sitem kekebalan tubuh, ini karena brokoli merupakan sumber vitamin C, dan ini adalah nutrisi penting yang dpat menjaga sistem kekebalan tubuh.
  11. Khasiat brokoli dapat meperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, ini karena brokoli kaya akan kalsium, magnesium, seng dan fosfor sehingga dapat membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Ini sangat berlaku terutama terhadap ibu hamil dan wanita yang lanjut usia, karena lebih rentan terhadap serangan osteoporosis.
  12. Khasiat brokoli dapat menjaga penglihatan tetap sehat. Berdasarkan sebuah penelitian, beta-karoten yang terkandung dalam brokoli dapat melindungi mata terhadap serangan degenerasi makula dan juga mencegah katarak.
  13. Khasiat brokoli dapat membantu kehamilan tetap sehat, ini karena brokoli merupakan sumber folat yang baik dan dapat membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin. Hal ini sangat diperlukan karena ibu hamil sangat membutuhkan folat selama kehamilan.
  14. Khasiat brokoli dapat membantu menurunkan berat badan, ini karena brokoli memiliki konten kalori yang sangat rendah, oleh karena itu brokoli sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, terutama untuk orang yang sedang menjalankan diet.
Khasiat Brokoli
Khasiat brokoli memang sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh kita, khasiat brokoli juga dapat membuat kita tercegah dari penuaan dini. Itulah tadi beberapa khasiat brokoli yang sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga tulisan khasiat brokoli ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya.
 

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation