.

.

Sunday 26 January 2014

DAUN PEGAGAN

Khasiat Daun Pegagan – mungkin tidak semua dari anda mengetahui dengan nama daun pegagan, namun jika melihat gambarnya mungkin anda akan mengetahuinya. Daun yang biasanya tumbuh liar di sawah atau ladang ini termasuk dalam tanaman yang dapat tumbuh menjalar sepanjang tahun. Jenis pegagan yang sering dijumpai adalah pegagan hijau dan merah. Tanaman ini bagus untuk dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti ginkobiloba yang terdapat dalam suplemen sintetis. 
Khasiat Daun Pegagan
Tanaman ini berasal dari daerah asia tropic lalu tersebar hingga ke Indonesia. sejak dahulu pegagan sudah dipercaya dapat mengobati masalah penyakit kulit, gangguan pada saraf, dan memperbaiki system peredaran darah. Daun pegagan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan seperti kandungan asiacitoside, thankuniside, isothankuniside, brahmoside, madecassoside, brahmic acid, brahminoside, tanin, kalium, natrium, magnesium, kalsium, zat besi, dll. Kandungan asiacitoside yang terdapat dalam daun pegagan bersifat antilepra dan penyembuh luka yang terbukti ampuh. Selain kandungan yang terdapat dalam daun pegagan, juga memiliki beberapa khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti diantaranya: 
  1. Mengobati demam 
  2. Liver 
  3. Campak 
  4. Ambeien 
  5. Lepra 
  6. Alergi 
  7. Rematik 
  8. Disentri 
  9. Tbc dan radang tenggorokan 
  10. Keputihan 
  11. Hipertensi 
  12. Bronchitis 
  13. Muntah darah 
  14. Cacingan 
  15. Mimisan 
  16. Wasir 
  17. Mata merah 

Selain itu daun pegagan juga berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina tubuh, membersihkan dan menghentikan pendarahan, mencegah gejala stress dan depresi, mencegah varises, dan bersifat sebagai anti bakteri, antispasma, anti-inflamasi, hipotensif, antialergi dan stimulant. 
Khasiat Daun Pegagan
Untuk mendapatkan khasiat dari daun pegagan, biasanya dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan atau dikeringkan untuk dijadikan the dan diambil ekstrak lalu diolah dalam bentuk kapsul, krem, salep, obat jerawat, dan body lotion. Itulah ulasan tentang khasiat daun pegagan, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation