.

.

Sunday 26 January 2014

BUNGA LAWANG

   Khasiat Bunga Lawang - Bunga lawang memiliki nama ilmiah Illicium verum yang biasa lebih dikenal dengan nama bunga pekak ini merupakan salah satu bumbu tradisional masakan cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah. Bunga lawang dalam bahasa Tionghoa adalah ba jiao yang berarti ‘delapan tanduk’, sesuai dengan bentuk dari bunga lawang yang memiliki delapan kelopak. Dari Cina, rempah ini juga mulai dikenal ke Negara Eropa pada awal abad ke-17 dan mulai menyebar hingga ke Indonesia.
Khasiat bunga lawang 
   Bunga lawang ini sebenarnya bukan bunga melainkan buah yang dihasilkan sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya dapat mencapai tinggi 8 meter. Bunga lawang berkembang biak melalui biji benih, buahnya di petik setelah ranum dan di keringkan dengan bantuan cahaya matahari. Bunga lawang mungkin di Indonesia belum banyak yang memanfaatkannya karena kalah populer dengan lada, pala, ketumbar dll. Berbeda dengan beberapa masakan di Asia, seperti di cina, Thailand, dan vietman lebih banyak memanfaatkan bunga lawang untuk rempah-rempah masakan. Selain itu bunga lawang biasanya diolah sebagai bahan baku pembuatan kecap, dan bunga lawang memiliki rasa seperti adas manis. Selain dapat diolah sebagai rempah-rempah untuk pembuatan masakan, bunga lawang juga dipercaya sebagai tanaman obat tradisional. Dalam pengobatan di Cina, bunga lawang biasanya dimasukan dalam resep sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan, membantu ibu menyusui untuk meningkatkan suplai ASI, mengobati asma, bronchitis dan batuk kering, serta kandungan shikimic asam digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan influenza dan bahan pembuatan obat untuk flu burung. Bunga lawang bersifat sebagai antibakteri dan antijamur, serta kandungan linalool dalam bunga lawang bersifat sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Aroma dari bunga lawang yang bersifat sebagai penenang sehingga membuat tidur anda lebih nyenyak. 
Khasiat bunga lawang 
   Karena khasiat yang dahsyat dari bunga lawang ini, membuat stok dari bunga lawang sempat menghilang dan harganya melambung tinggi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat bunga lawang.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation