.

.

Sunday 26 January 2014

BUNGA ROSELLA

   Khasiat Bunga Rosella - Rosella yang memiliki nama ilmiah Hisbiscus sabdariffa L merupakan tanaman bunga berasal dari India, namun ada juga yang mengatakan bahwa bunga rosella berasal dari Afrika Barat. Namun bunga rosella sudah diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abad yang lalu. Di wilayah India Barat, bunga ini dikenal dengan nama Jamaican Sorrel. Pohon bunga rosella dapat tumbuh hingga mencapai 3-5 meter serta berbunga hampir sepanjang tahun. Bunga rosella berwarna cerah, namun kelopak bunganya berwarna merah gelap dan tebal. Bagian yang biasanya diolah adalah bagian kelopak bunga rosella yang memiliki rasa asam.
Khasiat bunga rosella 
   Bunga rosella seperti sudah pada umumnya kita ketahui sebagai bahan untuk minuman seperti teh, jelly, saos bahkan banyak yang mengolahnya sebagai manisan rosella. Seluruh bagian dari bunga rosella dapat dimanfaatkan, seperti pada bagian daun muda rosella bisa dimakan sebagai salad. Sementara di Afrika, biji rosella dimanfaatkan karena mengandung minyak tertentu. Di Sudan, rosella diolah menjadi minuman tradisional yang diberi nama Karkadeh yang merupakan minuman kebangsaan orang Sudan. Selain enak untuk dikonsumsi, bunga rosella juga dipercaya sebagai tanaman herbal karena bersifat sebagai antiseptic, penambah syahwat, dan agen astringen. Selain itu bunga rosella memiliki beberapa kandungan seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, protein, serat, gula, total karbohidrat, sodium, kolesterol, lemak jenuh, kalori dan lemak. Selain bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, bunga rosella juga bagus untuk kesehatan kulit, beberapa khasiatnya seperti berikut: 
  1. Berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, ambeien. 
  2. Berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, melancarkan sistem pencernaan. 
  3. Berkhasiat untuk mencerahkan kulit, menghaluskan kulit, mencegah keriput dan penuaan dini. 
  4. Berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah atau diabetes. 
  5. Berkhasiat untuk mengobati asam urat dan mencegah serangan kanker. 
  6. Berkhasiat untuk mengobati batuk, panas dalam dan menjaga kesehatan mata. 
  7. Berkhasiat untuk menambah vitalitas dan kesehatan pada jantung. 
  8. Berkhasiat untuk menetralkan racun, melindungi dari infeksi kuman. 
  9. Berkhasiat untuk mengurangi pusing atau migren. 
  10. Berkhasiat untuk mempercepat pertumbuhan otak karena mengandung omega-3. 

   Selain beberapa khasiat diatas, bunga rosella bersifat sebagai antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotic, dan tonik. Selain bisa mendapatkan manfaat dari bunga rosella dengan mengkonsumsi teh, kini sudah banyak yang mengolahnya menjadi ekstrak yang dapat ditemukan di toko obat tradisional.
Khasiat bunga rosella 
   Bunga rosella juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena bermanfaat untuk pertumbuhan otak pada janin didalam kandungan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat bunga rosella. 




0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation