.

.

Sunday 26 January 2014

BUNGA KAMBOJA

    Khasiat Bunga Kamboja - Bunga kamboja yang memiliki nama ilmiah Plumeria acuminate dari family Apocynaceae ini merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Amerika tengah dan selatan. Selanjutnya menyebar ke daerah Filipina dan india. Orang Filipina menyebutnya dengan nama kalachuci, di Australia menyebutnya dengan sebutan dead man’s finger, sedangkan di india menyebutnya dengan perungalli. Pohon kamboja dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 3-7 meter, memiliki batang yang halus dan kaya kandungan getah berwarna putih susu.
Khasiat bunga kamboja 
    Bunga kamboja seperti yang pada umumnya kita temukan di wilayah pemakaman atau dijadikan sebagai tanaman hias, karena memiliki wangi yang harum dan cantik. Selain dijadikan tanaman hias, bunga kamboja juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal. Mungkin anda pernah melihat jika di pemakaman, juru kunci sering mengambil bunga kamboja kering yang berjatuhan, selain untuk membersihkan pemakaman, bunga kamboja yang sudah kering juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Beberapa bagian dari bunga kamboja dapat dimanfaatkan seperti pada bagian bunga, kulit batang, daun serta getahnya dapat digunakan untuk pengobatan. Bunga kamboja kaya akan kandungan asam palmitat, asam linoleat, asam laurat dan asam miristat, serta kandungan minyak atsiri yang memiliki aroma harum dan bekerja sebagai anti jamur. 
    Pada umumnya bunga kamboja yang sudah di keringkan dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah diare, caranya ambil sekitar 12-14 gram bunga kamboja kering lalu direbus dan bisa dikonsumsi air rebusannya. Pada bagian kulit batang bunga kamboja dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah sakit gigi, demam dan gangguan pencernaan. Selain itu dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi tumor, diare dan penyakit kelamin. 
    Pada bagian daun kamboja dapat berkhasiat untuk mengobati serangan asma dan juga mengobati kulit pecah pada daerah tumit. Sedangkan pada bagian getah yang sudah dicampur dengan minyak kelapa dan dihangatkan, dapat digunakan untuk mengatasi reumatik, gatal-gatal dan arthritis. Selain itu bunga kamboja memiliki khasiat lainnya untuk mengobati sakit bisul dan kencing nanah. 
Khasiat bunga kamboja 
    Jika melihat bunga kamboja yang berjatuhan janganlah dibuang, lebih baik dimanfaatkan untuk kesehatan anda, dengan cara olahan yang benar juga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat bunga kamboja.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation