.

.

Monday 27 January 2014

JANTUNG PISANG

Khasiat Jantung Pisang - Pisang merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh baik diwilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Mungkin anda sudah tahu manfaat dari pisang yang sudah matang, karena pisang merupakanan buah yang banyak digemari khususnya untuk masyarakat Indonesia. Semua bagian dari pisang dapat di manfaatkan, tidak hanya buahnya yang memiliki gizi yang baik untuk kesehatan, namun bagian jantung pisang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. 
Khasiat jantung pisang 
Pisang merupakan buah yang populer dan banyak digemari masyarakat karena memiliki kandungan kalori yang baik untuk kesehatan. Selain pada buahnya, ternyara jantung pisang juga memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan. Meski harga jantung pisang lebih murah dibanding dengan buah pisang, namun jangan diremehkan, karena sudah terbukti secara klinis bahwa jantung pisang dapat menjaga kesehatan manusia. Setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak dan 7,1 gram karbohidrat. Selain itu jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan mineral penting seperti fosfor, kalsium, serta zat besi. Jantung pisang juga dikatakan merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi paling lengkap jika dibanding dengan makanan yang lainnya. Jantung pisang juga memiliki khasiat yang baik, seperti berikut: 
  1. Baik untuk yang sedang menjalankan program diet. Selain rendah lemak, jantung pisang juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama dibanding dengan nasi. Kandungan fiber yang tinggi juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. 
  2. Baik untuk penderita diabetes. Kandungan indeks glemik (GI) yang terdapat pada jantung pisang tergolong rendah dengan begitu baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. 
  3. Menangkal serangan stroke. Jantung pisang berkhasiat untuk menangkal serangan penyakit jantung dan stroke, juga dapat memperlancar siklus darah karena bersifat anti-koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan di dalam darah.
Meskipun semua pohon pisang bisa memproduksi jantung pisang. Namun pilihlah jantung pisang yang baik dan enak untuk dikonsumsi, seperti jantung pisang kapok, pisang batu, pisang siam atau pisang klutuk. Beberapa jenis jantung pisang ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat karena mengandung senyawa protein yang tinggi. 
Khasiat jantung pisang 
Jantung pisang dapat diolah menjadi berbagai masakan enak seperti sayur lodeh, gulai jantung pisang, tumis jantung pisang dan lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat jantung pisang.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation