.

.

Monday 27 January 2014

BUAH SAWO

Khasiat Buah Sawo – Sawo manila (Manilkara zapota) merupakan buah yang pohonnya dapat berumur panjang dan dapat tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis. Buah yang rasanya manis dan memiliki daging yang empuk ini sudah tidak asing bagi warga Indonesia. buah yang dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia, ternyata dahulu buah ini berasal dari amerika tengah, lalu menyebar ke berbagai Negara termasuk ke Indonesia. buah sawo memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kandungan tanin yang bekerja sebagai antioksidan, kaya akan serat, vitamin C, zat besi, kalium, asam folat niasin, tembaga, dan pentotenan.

Dibalik rasanya yang manis, buah sawo juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti diantaranya: 
  • Buah sawo berkhasiat untuk lancarnya proses pencernaan. Kandungan serat yang banyak dalam buah ini berguna untuk mencegah sembelit dan melancarkan proses pencernaan, serta dapat melindungi selaput lendir susu dari racun yang dapat menyebabkan penyakit kanker. 
  • Buah sawo berkhasiat untuk penghalang radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam buah ini sangat tinggi yakni 24,5 % per 100 gram, juga terdapat kandungan vitamin A yang berperan sebagai penghalang radikal bebas. 
  • Buah sawo berkhasiat untuk proses metabolism dalam tubuh. Kandungan zat besi, kalium, asam folat niasin yang terdapat dalam buah ini berperan penting dalam proses metabolisme dan proses produksi enzim dalam tubuh. 
  • Buah sawo berkhasiat untuk obat diare, terutama pada getah yang terdapat di daun buah sawo. 
  • Buah sawo berkhasiat untuk obat radang pada mulut, terutama pada bagian daun dan batang sawo yang memiliki kandungan flavonoid. Kandungan tanin dan saponin juga berperan penting dalam penyembuhan radang pada mulut. 

Khasiat Buah Sawo

Meskipun tidak banyak yang menyukai buah ini, ternyata buah sawo memiliki banyak khasiat yang baik, jadi tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi buah ini untuk menambah gizi pada tubuh anda. Itulah ulasan tentang Khasiat Buah Sawo, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation