.

.

Sunday 26 January 2014

DAUN KEMUNING

Khasiat Daun Kemuning – mungkin sebagian dari anda tidak mengenal dengan daun kemuning, namun tanaman ini hampir mirip dengan daun jeruk, hanya berukuran lebih kecil dan biasanya dijadikan tanaman hias. Daun kemuning dapat berbunga sepanjang tahun, selain biasanya dijadikan tanaman pagar juga daun kemuning memiliki beberapa khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Daun kemuning

Daun kemuning memiliki beberapa sebutan yang berbeda disetiap daerahnya, seperti kumuning (jawa), kamuning, jenar (sunda), kemoning, kajeni (bali), kamoneng (Madura), dan kamunieng (minangkabau). Daun kemuning memiliki rasa yang pedas, pahit dan bersifat hangat. Secara kimia daun kemuning mengandung methyl anthranilat, geraniol, osthol, peniculatin, ourmurayyin, bisabolene, dan cedinene. Selain kandungan tersebut, daun kemuning juga memiliki efek bersifat anastesia (mematikan rasa), antiradang (anti-inflamasi), sedative (penenang), antirematik, antiswelling (penghilang bengkak) dan antitiroida. Selain beberapa kandungan yang terdapat pada daun kemuning, juga memiliki beberapa khasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti:


  1. Berkhasiat untuk mengobati batu ginjal, caranya dengan meminum jus daun kemuning yang sebelumnya sudah disaring. 
  2. Berkhasiat untuk menyembuhkan bisul, caranya dengan mencampurkan daun kemuning dengan cocor bebek, lalu rebus dan saring sebelum akan dikonsumsi. 
  3. Berkhasiat untuk melancarkan siklus haid, caranya dengan merebus bagian akar kemuning yang sudah dikeringkan dengan dicampur daun dewa, lalu saring sebelum di minum. 
  4. Berkhasiat untuk mengobati penyakit eksim, caranya dengan merebus daun serat batang kemuning, kemudian cuci bagian tubuh yang terkena eksim dengan air rebusannya. 
  5. Berkhasiat untuk mengobati keseleo, caranya dengan menempelkan daun yang sebelumnya sudah direbus, usahakan masih dalam keadaan hangat. 

Selain khasiat tersebut, daun kemuning juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit kulit, menghaluskan kulit, mencegah keputihan bagi wanita, mencegah obesitas, mengobati radang pada buah zakar, mengobati sakit pinggang dan rematik.

Khasiat Daun Kemuning

Hal yang dilakukan saat mengkonsumsinya adalah dengan meminum air rebusan dari daun kemuning. Itulah ulasan tentang khasiat daun kemuning, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation