.

.

Monday 27 January 2014

DAUN KETUMBAR

Khasiat Daun Ketumbar – anda tentunya sudah tidak asing dengan tanaman yang biasanya menjadi bumbu penyedap masakan khas Indonesia, selain bijinya yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masak, daun ketumbar juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Daun ketumbar memiliki beberapa kandungan kimia seperti geraniol, myrcene, ocimene, skopoletin, felandren, kamfena, trantridecen, decanal, p-simena, oktadasenat, sabinene, desilaldehida, asam petrosinelat, asam d-mannite, dan linalool. 
Khasiat Daun Ketumbar
Daun ketumbar biasa digunakan sebagai obat herbal dengan cara ditumbuk hingga halus atau dengan meminum hasil rebusannya dengan dicampur gula atau madu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Selain kandungan tersebut, daun ketumbar juga memiliki beberapa khasiat, seperti: 
  1. Daun ketumbar berfungsi sebagai antibiotic alami yang berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan. Karena daun ketumbar memiliki kandungan senyawa kimia seperti borneol dan cilantro yang bermanfaat untuk membunuh bakteri E coli penyebab penyakit diare. 
  2. Daun ketumbar berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan oksidasi. Karena daun ketumbar memiliki kandungan senyawa asam kafeat dan asam klorogonik. Dengan mengkonsumsi daun ketumbar setiap hari dapat mengurangi resiko kerutan pada kulit karena terkena radikal bebas yang berbahaya. 
  3. Daun ketumbar berfungsi sebagai antikolesterol yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Karena daun ketumbar memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk penyerapan lemak jenuh dari makanan oleh tubuh. 
  4. Daun ketumbar berkhasiat sebagai terapi relaksasi karena memiliki kandungan senyawa kaemferol yang dapat menimbulkan rasa senang. Selain itu kandungan tersebut juga dapat mempercepat proses pembakaran glukosa menjadi energy. 

Khasiat Daun Ketumbar
Selain dikonsumsi sebagai bahan pelengkap masakan, daun ketumbar juga sudah banyak diolah menjadi minyak esensial yang mengandung senyawa antibakteri dan dapat dimanfaatkan sebagai fungsida. Itulah ulasan tentang khasiat darun ketumbar, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation