.

.

Sunday 26 January 2014

BUNGA PEPAYA

   Khasiat Buah Pepaya - Pepaya yang memiliki nama latin Carica Papaya L ini merupakan salah satu tanaman tropis yang cukup di gemari di Indonesia, namun merupakan tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Amerika Latin. Buah pepaya biasanya dijadikan buah pencuci mulut yang segar dan kaya akan kandungan airnya. Namun selain buah pepaya yang biasa di konsumsi, bagian lainnya dari pepaya juga baik untuk di konsumsi dan memiliki khasiat untuk kesehatan. Seperti bagian daunnya yang biasa dijadikan lalapan, juga pada bagian bunga pepaya.
Khasiat bunga pepaya 
   Bunga pepaya sudah sangat terkenal untuk kawasan Indonesia bagian timur, seperti NTT, Sulawesi, Maluku dan Papua. Di daerah ini bunga pepaya biasanya diolah sebagai sayuran yang menjadikan sayur bunga pepaya adalah menu sehari-hari, meskipun bunga pepaya memiliki rasa yang pahit sama seperti pada daun pepaya. Namun jika diolah dengan baik, rasa pahit dari bunga pepaya ini akan hilang dengan sendirinya. Maka dari itu, bunga pepaya merupakan sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat di tanah Bugis.
   Bunga pepaya memiliki bentuk serupa teromper kecil dengan warna kuning pucat sedikit putih dan dilengkapi dengan tangkai. Bunga ini tumbuh pada batang pepaya jantan, bunga pepaya biasanya ditemukan pada area pucuk pohon pepaya. Rasa pahit yang dihasilkan bunga pepaya ini karena kandungan alkaloid carpein atau C14H25No2. Senyawa ini mulanya ditemukan oleh Dr. Carpein pada tahun 1980. Kandungan ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung . Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa bunga pepaya segar memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu bunga pepaya juga memiliki beberapa kandungan lainnya seperti flavonoid, tanin, steroid – triterpenoid, dan karbohidrat. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, bunga pepaya juga memiliki beberapa khasiat lainnya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti berikut : 
  1. Berkhasiat untuk mencegah malaria. 
  2. Berkhasiat untuk memperbaiki fungsi pencernaan. 
  3. Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung. 

   Selain itu bunga pepaya dikonsumsi karena dapat bermanfaat untuk kebugaran tubuh, seperti yang bisa kita lihat bahwa tubuh masyarakat di tanah Bugis memiliki tubuh yang bugar. 
Khasiat bunga pepaya
   Bunga pepaya kini sudah dapat dibeli di swalayan dalam kemasan yang sudah di bungkus dengan rapi, yang sudah dibersihkan dari getahnya lalu dikemas dalam wadah sterofoam. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat, dan terimakasih sudah menyimak informasi mengenai khasiat bunga pepaya.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation