.

.

Sunday 26 January 2014

DAUN SAGA

   Khasiat Daun Saga – jika anda asing dengan nama saga, mungkin anda akan ingat dengan tanaman yang menyerupai petai namun dengan bentuk yang lebih kecil. Saga merupakan tanaman dengan buah menyerupai petai yang memiliki biji seperti polong. Mulanya tanaman ini berasal dari Asia Selatan namun kini sudah menyebar ke berbagai penjuru dan termasuk dalam tanaman yang tumbuh dengan liar. Daun saga menyerupai tamarindus indica dan bersifat ganjil. 
Khasiat Daun Saga 
   Umunya daun saga memiliki rasa yang agak manis dan dipercaya sebagai tanaman obat herbal. Selain dapat di konsumsi secara langsung, daun saga memiliki kandungan berupa alkaloid yang bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik. Selain itu daun saga juga memiliki kandungan seperti: 
  1. Dapat mengobati jantung berdebar dan keringat dingin. Caranya dengan ambil sekitar 8 gram daun saga yang dicampur dengan 10 gram daun sembung. Rebus bersama kencur lalu dapat diminum air ramuannya. 
  2. Dapat mengobati peradangan pada mata. Caranya dengan giling segenggam daun saga selanjutnya rebus hingga mendidih, lalu ambil bagian uap panasnya dan dapat dijadikan sebagai obat tetes mata. 
  3. Dapat mengobati sariawan. Caranya dengan ambil daun saga yang masih segar lalu jemur hingga layu, kemudian kunyah dan gunakan untuk berkumur-kumur, usahakan jangan sampai tertelan. 
  4. Dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya dengan ambil bahan-bahan seperti daun saga, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, dan daun kejibaling. Rebus semua bahan tersebut lalu saring sebelum akan di konsumsi. 
  5. Dapat mengobati amandel. Caranya dengan ambil bagian akar daun saga, satu potong kayu manis dan gula batu secukupnya. Rebus ketiga bahan tersebut lalu saring sebelum akan di konsumsi. 

Khasiat Daun Saga 
Itulah ulasan tentang khasiat daun saga, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation