.

.

Monday 27 January 2014

BUAH JAMBU BIJI

Khasiat Jambu Biji – Jambu biji yang memiliki nama latin Psidiumguajava termasuk dalam keluarga Myrtaceae, merupakan buah yang sudah akrab bagi kita semua. Buah ini berasal dari brazil, namun melalui Thailand buah ini bisa menyebar di Indonesia. Jambu biji memiliki nama lain yang biasa disebut oleh masyarakat, seperti jambu batu, jambu klutuk. Daging dari jambu biji memiliki warna yang berbeda, ada yang putih ada juga yang merah dan memiliki banyak biji didalamnya. Buah jambu biji ini termasuk dalam golongan tanaman perdu yang dengan maksud bahwa dapat tumbuh tinggi sampai 10 meter, dan mudah tumbuh di segala musim. 

Bagian dalam buah ini dapat dimanfaatkan, seperti pada bagian daun, buah bahkan kulitnya. Bagian daun dari buah jambu biji biasanya dimanfaatkan untuk obat diare atau penyakit pencernaan lainnya. Daun jambu biji memiliki kandungan flavonoid yang tinggi serta kandungan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan. Buah yang dapat panen sepanjang musim ini biasanya memiliki rasa yang manis atau asam dengan daging berwarna merah atau putih. Jambu biji memiliki banyak kandungan vitamin C dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh jika di konsumsi setiap hari. Buah jambu biji juga memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat, seperti diantaranya: 
  1. Jambu biji berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk pada bagian daunnya, ekstrak atau yang sudah dalam kemasan teh. 
  2. Jambu biji berkhasiat untuk mengurangi perlemakan hati. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ming Gao dari Mukogawa Women’s University di Jepang, mengatakan bahwa daun dari jambu biji bermanfaat untuk mengurangi perlemakan hati yang dapat menyebabkan obesitas, batu empedu, penurunan fungsi hati dan penyakit auto imun. 
  3. Jambu biji berkhasiat untuk mencegah infeksi pada luka luar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh universitas Federal Technology yang berada di Nigeria, mengatakan bahwa daun pada jambu biji dapat digunakan untuk mengobati luka luar, luka sayatan, dan lecet. Karena memiliki kandungan steroid dan kandungan anti bakteri yang dapat mencegah infeksi dan mengurangi peradangan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka. 
  4. Jambu biji berkhasiat untuk menambah trombosit. Kandungan likopen yang tinggi terdapat dalam buah jambu biji ini bermanfaat untuk menambah kadar trombosit untuk penderita demam berdarah. 
  5. Jambu biji berkhasiat untuk mengurangi penyakit jantung. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. James Cerda mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung. 
  6. Jambu biji berkhasiat untuk melawan penyakit kanker. Kandungan likopen dan antioksida dalam buah jambu biji merupakan zat non gizi selain serat, yang berguna untuk melawan penyakit kanker. Kandungan likopen dalam jambu biji sangat mudah di serap oleh tubuh dibanding dengan kandungan likopen yang terdapat dalam buah tomat. 
  7. Jambu biji berkhasiat untuk mengendalikan keseimbangan cairan sel pada tubuh dan jaringan, serta mengatur proses pengiriman zat besi ke dalam sel dalam tubuh. 
  8. Jambu biji berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida darah. 
  9. Jambu biji berkhasiat untuk merawat kulit, karena memiliki kandungan astrinet yang dapat meningkatkan tekstur kulit sehingga membuat kulit yang kendur menjadi kencang kembali. 
  10. Jambu biji berkhasiat untuk mencegah diare. Kandungan serat yang tinggi terdapat dalam buah jambu biji ini bermanfaat untuk mencegah diare atau sembelit. Biji dari jambu biji juga bermanfaat untuk membersihkan system pembuangan dalam usus. 

Khasiat Jambu Biji

Selain dapat di konsumsi secara langsung, jambu biji juga lebih enak di konsumsi menjadi jus atau pudding. Itulah ulasan beberapa Khasiat Jambu Biji, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.


0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation