.

.

Monday 27 January 2014

JENGKOL

hasiat Jengkol – Jengkol yang memiliki nama latin Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum, merupakan buah yang terkenal dengan aromanya yang khas dan banyak dihindari sebagian masyarakat, namun tidak sedikit juga yang menyukai buah ini, karena di Indonesia sendiri jengkol sudah menjadi makanan khas. Jengkol biasanya di olah menjadi balado jengkol, kerupuk jengkol, bahkan sudah banyak yang menciptakan keripik berbahan dasar jengkol. Keripik ini hampir tidak memiliki bau khas dari jengkol, selain dapat dijadikan cemilan atau teman makan, jengkol memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Meskipun jengkol di identikan sebagai makanan kelas social rendah, padahal jengkol memiliki kandungan yang lebih banyak dibanding dengan makanan yang memiliki harga yang mahal dan diminati kelas social atas. Kandungan dalam buah jengkol meliputi seperti kaya akan karbohidrat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, minyak atsiri, alkaloid, glikosida, streroid, tanin dan saponin. 
Vitamin C yang terdapat dalam buah jengkol ini berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh, karena pada 100 gr jengkol memiliki kandungan vitamin C sekitar 80 mg. sehingga kandungan vitamin C tersebut memiliki peran dengan berbagai fungsi yang melibatkan respirasi sel dan kerja enzim. Kandungan protein dalam jengkol juga melebihi kandungan protein yang terdapat dalam tempe, padahal tempe dikatakan sebagai sumber protein nabati. Protein dalam jengkol berkisar 23,3 g per 100 g, sedangkan protein dalam tempe yaitu 18,3 g per 100 g. kandungan protein berkhasiat untuk membangun enzim, hormone, dan imunitas dalam tubuh. Karena protein dikatakan sebagai zat pembangun. 
Kandungan zat besi dalam jengkol cukup tinggi, yaitu 4,7 g per 100 g. kandungan zat besi berkhasiat untuk mengobati penderita penyakit anemia. Buah jengkol juga berkhasiat untuk pertumbuhan tulang karena mengandung tinggi kalsium, selain berperan dalam pembentukan tulang juga baik untuk kesehatan pada gigi.Sebenarnya buah jengkol memiliki banyak kandungan dan khasiat yang baik untuk tubuh, namun dengan mengkonsumsinya akan menimbulkan bau yang tidak sedap mulai dari nafas dan aroma ketika buang air besar dan kecil. 

Khasiat Jengkol

Namun anda tidak perlu khawatir, untuk menghilangkan bau pada jengkol saat mengolahnya sebaiknya rendam lama buah jengkol, memarkan jengkol yang sudah direbus lalu rendam kembali, dan konsumsi buah mentimun dan minum banyak air putih setelah mengkonsumsi jengkol. Itulah ulasan beberapa Khasiat Jengkol, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation