.

.

Tuesday 28 January 2014

WORTEL

Khasiat Wortel, wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat populer. Wortel juga adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digemari oleh banyak orang dikarenakan rasanya yang enak dan renyah. Kebanyakan orang mengenal khasiat wortel hanya untuk menyehatkan penglihatan saja. Namun, khasiat wortel yang lainnya bisa kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya.

KHASIAT WORTEL

Jenis sayuran yang memiliki nama ilmiah “Daucus Carota” ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh kita. Kandungan tersebut seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, potassium dan beta karoten. Selain itu, wortel juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita.
Dilihat dari kandungan tersebut khasiat wortel bisa kita dapatkan, dan berikut adalah khasiat wortel yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mempertajam penglihatan

Khasiat wortel memang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, ini karena wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat dominan sehingga dapat membantu menjaga agar mata kita tetap sehat, terutama untuk meningkatkan pandangan jarak jauh.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Khasiat wortel sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol, ini karena wortel merupakan sayuran yang rendah kolesterol sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami masalah dengan kesehatan jantung.

3. Mencegah diabetes

Khasiat wortel sangat baik untuk mengatur kadar gula darah, ini karena  wortel mengandung karotenoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengatur hormon insulin dan mengontrol gula darah agar lebih rendah sehingga terjauh dari  penyakit diabetes.

4. Mengurangi resiko stroke

Khasiat wortel dapat mengurangi resiko terserang penyakit stroke. Berdasarkan penelitian mengkonsumsi satu buah wortel dalam sehari dapat mengurangi resiko terserang stroke hingga 68%.

5. Membantu menghilangkan jerawat

Kandungan beta karoten dalam wortel memberikan khasiat wortel yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru pada permukaan kulit dan membuang racun yang disebabkan oleh bakteri ataupun kuman yang salah satunya adalah bakteri penyebab timbulnya jerawat.

6. Mencegah kanker

Khasiat wortel dapat membantu penurunan resiko terserang beberapa penyakit kanker, ini karena wortel memiliki kandungan beta karoten yang dapat membantu mencegah resiko terserang penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker usus dan kanker payudara.
Seperti yang tadi telah disebutkan khasiat wortel yang dapat menjaga kesehatan mata, khasiat wortel juga sangat baik untuk mencegah penyakit mata yang dipengaruhi oleh bertambahnya usia yaitu degenerasi makula. Selain itu, khasiat wortel juga dapat digunakan sebagai pencahar karena wortel juga memiliki sifat antiseptik. 
Khasiat wortel yang lainnya adalah mengatasi hipertensi, mengatasi demam pada anak, mengatasi luka bakar, menyembuhkan batuk, mengatasi nyeri haid, mengatasi sembelit dan menghaluskan wajah. 
Tidak hanya itu, khasiat wortel juga memiliki sifat detoksifikasi yang dapat mengangkat sel racun dalam tubuh. Dan apabila kita mengkonsumsi jus wortel maka khasiat wortel akan kita dapatkan yang membantu kesehatan perut dan saluran pencernaan kita.

KHASIAT WORTEL

Ternyata wortel memiliki khasiat dan manfaat yang sangat banyak, jadi tidak ada salahnya kita setiap hari mengkonsumsi wortel baik di jus ataupun dibuat olahan lainnya. Itulah tadi beberapa khasiat wortel yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Semoga tulisan khasiat wortel ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan khasiat wortel.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation