.

.

Sunday 26 January 2014

DAUN CINCAU

Khasiat Daun Cincau – seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa daun cincau biasanya diolah menjadi minum penyengar yang dapat menyegarkan dahaga. Daun cincau bersifat gel berbentuk agar-agar, gel yang terbentuk karena dalam daun tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Dan cincau memiliki efek penyejuk sehingga banyak diolah sebagai sebagai bahan untuk minuman penyegar. 
Khasiat Daun Cincau 
Kata cincau sendiri berasal dari dialek hokian sienchau (xincao) yang lazim dilafalkan pada kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis daun cincau, yaitu cincau hitam dan cincau hijau yang banyak di produksi di Bandung. Dan kini penjualan es cincau dari Bandung sudah menyebar kemana-mana. Daun cincau dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit seperti, vertigo, mengobati panas demam, panas dalam, sakit perut, melancarkan saluran pencernaan, hipertensi dan kolesterol. Selain biasanya diolah sebagai es cincau, sudah banyak juga yang mengolahnya menjadi ekstrak untuk membuat jeli sendiri dirumah. Selain itu daun cincau juga memiliki beberapa khasiat dan kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti diantaranya: 
  1. Daun cincau mengandung kaya akan mineral terutama kalsium dan fosfor yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. 
  2. Daun cincau mengandung rendah kalori dan tinggi akan serat sehingga berkhasiat untuk anda yang sedang menjalani program diet. 
  3. Daun cincau mengandung serat yang berkhasiat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat penyebab kanker. 
  4. Daun cincau mengandung senyawa dimetil yang berkhasiat untuk mengendurkan otot. 
  5. Daun cincau mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin yang berkhasiat untuk mencegah kanker ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi, dan sebagai anti-radang. 
  6. Daun cincau mengandung isokandrodendrin yang berkhasiat untuk mencegah sel tumor ganas. 

Selain itu cincau hijau mengandung klorofil, zat yang memberi warna hijau pada daun, bahwa zat kloforil tersebut bersifat sebagai anti-oksidan, anti-peradangan dan anti-kanker. 
Khasiat Daun Cincau 
Itulah ulasan tentang khasiat daun cincau, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation