.

.

Sunday 26 January 2014

DAUN SAMBILOTO

   Khasiat Daun Sambiloto – daun sambiloto merupakan tanaman yang biasa hidup liar yang dapat ditemukan di tepi jalan, ladang atau tanah kosong yang sudah tidak terawat. Tanaman ini biasanya tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter diatas permukaan air laut. Daun sambiloto biasanya hidup di suhu dengan kelembaban yang sedang dengan mendapatkan penyinaran yang lama. Daun sambiloto memiliki nama berbeda di setiap daerahnya, seperti orang melayu menyebutnya sambilata, orang sumatera barat menyebutnya ampadu tanah, orang sunda menyebutnyaki oray, orang Madura menyebutnya pepaitan, dan masih banyak lagi sebutan berbeda untuk daun ini. 
Khasiat Daun Sambiloto 
   Daun sambiloto memiliki beberapa kandungan baik didalamnya seperti laktone, andrographolide, deoxy-andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12-didehydroandrographolide dan homoandrographolide, serta kandungan flavonois, alkane, ketone dan aldehyde. Selain dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan, daun sambiloto kini sudah banyak diolah sebagai ekstrak dalam bentuk kapsul, sehingga lebih memudahkan saat di konsumsi. Daun sambiloto juga memiliki beberapa khasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya: 
  1. Dapat mengobati radang tenggorokan. Caranya dengan meminum hasil rebusan daun sambiloto yang sudah ditambahkan beberapa lembar daun sirih merah.
  2. Dapat mengobati gigitan binatang berbisa. Caranya dengan mengunyah daun sambiloto dengan menelan airnya, lalu ampasnya ditempelkan ke luka bekas gigitan. 
  3. Dapat mengobati malaria. Caranya dengan meminum hasil rebusan daun sambiloto. 
  4. Dapat mengobati penyakit tipus, TBC paru-paru dan batuk nanah. Caranya dengan meminum air rebusan daun sambiloto dengan menambah sedikit madu. 
  5. Dapat mengurangi panas demam. Caranya dengan menempelkan daun sambiloto yang masih segar ke badan dan juga dahi. 
  6. Dapat mengobati hidung berlendir dan sakit gigi. Caranya dengan meminum air rebusan daun sambiloto. 
  7. Dapat menjadi obat tetes telinga. Caranya dengan melumatkan daun sambiloto lalu air perasannya diteteskan langsung ke telinga. 

   Selain itu, daun sambiloto juga berkhasiat untuk mengobati penyakit disetri, tifoid, diare, radang paru dan pernapasan, faringitis, diabetes dan darah tinggi. 
Khasiat Daun Sambiloto 
Itulah ulasan tentang khasiat daun sambiloto, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment

Unduh Adobe Flash player hosting Just Forex AVG Internet Security 2014

Page Navigation